Monday, October 19, 2015

UTS Bimbingan Konseling STAIN Jurai Siwo Metro Lampung

Take Home Exam
UJIAN TENGAH SEMESTER

Mata Kuliah                : Bimbingan Konseling
SKS                             : 2 SKS
Semester/Tahun           : VII/ 2015-2016
Prodi/Jurusan              : PGMI/Tarbiyah
Dosen Pengampu        : Uswatun Hasanah, M.Pd.I.
Hari/Tanggal               : 16 Oktober 2015
Waktu                         : Satu Minggu ( Tanggal 16 Oktober 2015 s/d 23 Oktober 2015)

Petunjuk Pengerjaan:
1.      Kerjakan semua soal UTS ini di rumah dan jawaban sudah harus diserahkan paling lambat tanggal 23 Oktober 2015.
2.      Tulisan hendaknya jelas dan terbaca.
3.      Tulis nama dosen penguji pada pekerjaan saudara dan tuliskan identitas saudara secara jelas.
4.      Tidak dibenarkan bekerjasama sesama teman apalagi mencontek, jika ditemukan lembar jawaban yang sama persis pada mahasiswa yang berbeda, maka dosen penguji tidak akan menilai hasil UTS mahasiswa tersebut.
5.      Pilih 5 Soal yang paling dikuasai, tuliskan nomor jawaban dengan jelas.
6.      Jawaban harus didukung oleh data dan literatur dengan tata cara penyebutan referensi yang berlaku. Daftar literatur harus dicantumkan dan panjang jawaban minimal 3 halaman, sesuai ketentuan yang telah disepakati.
7.      Tidak ada remedial, jadi kerjakan soal ini dengan jawaban yang benar dan tepat.

Lembar Soal:
1)      Pola bimbingan dan konseling yang berlaku di sekolah di Indonesia adalah pola 17.
a)      Mengapa dikatakan pola 17. Jelaskan jawaban anda, gambarkan pula bagan pola 17 nya?
b)      Jelaskan sejarah secara ringkas yang menggambarkan bahwa Bimbingan Penyuluhan berganti nama menjadi Bimbingan Konseling?

2)      Walaupun Profesi BK sudah berlangsung sejak puluhan tahun, namun masih sering terjadi adanya miskonsepsi pengertian bimbingan dan konseling.
a)      Buatlah 2 contoh miskonsepsi pengertian BK dan masing-masing disertai ilustrasi yang menggambarkan penyebab terjadinya miskonsepsi tersebut!
b)      Jelaskan usaha-usaha apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi miskonsepsi tersebut?

3)      Keberadaan pelayanan BK di sekolah pada masa sekarang ini merupakan kebutuhan yang sangat urgen bagi terwujudnya perkembangan individu secara optimal.
a)      Buatlah Ilustrasi yang menggambarkan bahwa pelayanan BK di sekolah secara khusus dapat membantu siswa dalam proses perkembangannya!
b)      Buatlah ilustrasi yang menggambarkan bahwa terjadinya perkembangan pendidikan juga merupakan faktor yang melatarbelakangi pentingnya pelayanan BK di sekolah!
4)      Bimbingan dan Konseling berasal dari dua kata, yaitu bimbingan dan Konseling.
a)      Jelaskan perbedaan Model Bimbingan Konseling secara khusus dengan Model Bimbingan Konseling pada umumnya!
b)      Siapakah tokoh yang bernama Frank Parson?

5)      Sebagai personil sekolah seorang guru mata pelajaran harus bertanggungjawab dalam pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di sekolah.
a)      Benarkah pernyataan di atas? Jelaskan alasan yang mendasari pendapat anda?
b)      Menurut hasil pengamatan saudara, Apa manfaat belajar Mata Kuliah Bimbingan Konseling bagi anda (Sebagai calon konselor) jelaskan!

6)      Agama dan Psikologi Sebagai Landasan dalam Melaksanakan Bimbingan dan Konseling
a)      Jelaskan Peranan Agama dan Psikologi dalam Melaksanakan Bimbingan dan Konseling?
b)      Jelaskan apa perbedaan tes IQ dengan tes MIR (Multiple Intelligences Research)?

7)      Jelaskan istilah-istilah dari Pakar Psikoanalisis yang bernama Sigmund Freud dibawah ini:
a)      Id
b)      Ego
c)      Super ego

8)      Jelaskan Ragam Bimbingan di bawah ini:
a)      Ragam Bimbingan Menurut Masalah
b)      Ragam Layanan Bimbingan
c)      Ragam Pendekatan Bimbingan
d)     Ragam Teknik Bimbingan

9)      Jelaskan karakteristik mental yang sehat dibawah ini:           
a)      Model Allport
b)      Model Rogers
c)      Model Fromm
d)     Model Frankl

10)  Bimbingan dan Konseling merupakan salah satu komponen pendidikan agar berupaya mencapai tujuan pendidikan yang bermutu.
a) Apa yang dimaksud dengan pernyataan di atas ?
b) Mengapa siswa perlu mengenal karakteristik pribadi (intelektual, bakat, kepribadian, minat, dan lain-lain) untuk mendukung pilihan cita-cita dan karirnya?


***Selamat Mengerjakan, Sukses Selalu***









0 comments: