Take Home Exam
UJIAN TENGAH SEMESTER
UJIAN TENGAH SEMESTER
Mata
Kuliah : Bimbingan
Konseling
SKS : 2 SKS
Semester/Tahun :
VII/ 2015-2016
Prodi/Jurusan :
PGMI/Tarbiyah
Dosen Pengampu :
Uswatun Hasanah, M.Pd.I.
Hari/Tanggal :
16 Oktober 2015
Waktu :
Satu Minggu ( Tanggal 16 Oktober 2015 s/d 23 Oktober 2015)
Petunjuk
Pengerjaan:
1.
Kerjakan semua soal UTS ini di
rumah dan jawaban sudah harus diserahkan paling lambat tanggal 23 Oktober 2015.
2.
Tulisan hendaknya jelas dan
terbaca.
3.
Tulis nama dosen penguji pada
pekerjaan saudara dan tuliskan identitas saudara secara jelas.
4.
Tidak dibenarkan bekerjasama
sesama teman apalagi mencontek, jika ditemukan lembar jawaban yang sama persis
pada mahasiswa yang berbeda, maka dosen penguji tidak akan menilai hasil UTS
mahasiswa tersebut.
5.
Pilih 5 Soal yang paling
dikuasai, tuliskan nomor jawaban dengan jelas.
6.
Jawaban harus didukung oleh data
dan literatur dengan tata cara penyebutan referensi yang berlaku. Daftar
literatur harus dicantumkan dan panjang jawaban minimal 3 halaman, sesuai
ketentuan yang telah disepakati.
7.
Tidak ada remedial, jadi kerjakan
soal ini dengan jawaban yang benar dan tepat.
Lembar Soal:
1)
Pola bimbingan dan konseling yang
berlaku di sekolah di Indonesia adalah pola 17.
a)
Mengapa dikatakan pola 17.
Jelaskan jawaban anda, gambarkan pula bagan pola 17 nya?
b)
Jelaskan sejarah secara ringkas
yang menggambarkan bahwa Bimbingan Penyuluhan berganti nama menjadi Bimbingan
Konseling?
2)
Walaupun Profesi BK sudah
berlangsung sejak puluhan tahun, namun masih sering terjadi adanya miskonsepsi pengertian bimbingan dan
konseling.
a)
Buatlah 2 contoh miskonsepsi pengertian BK dan
masing-masing disertai ilustrasi yang menggambarkan penyebab terjadinya miskonsepsi tersebut!
b)
Jelaskan usaha-usaha apa yang
dapat dilakukan untuk mengatasi miskonsepsi
tersebut?
3)
Keberadaan pelayanan BK di
sekolah pada masa sekarang ini merupakan kebutuhan yang sangat urgen bagi
terwujudnya perkembangan individu secara optimal.
a)
Buatlah Ilustrasi yang
menggambarkan bahwa pelayanan BK di sekolah secara khusus dapat membantu siswa
dalam proses perkembangannya!
b)
Buatlah ilustrasi yang
menggambarkan bahwa terjadinya perkembangan pendidikan juga merupakan faktor
yang melatarbelakangi pentingnya pelayanan BK di sekolah!
4)
Bimbingan dan Konseling berasal
dari dua kata, yaitu bimbingan dan Konseling.
a)
Jelaskan perbedaan Model Bimbingan
Konseling secara khusus dengan Model Bimbingan Konseling pada umumnya!
b)
Siapakah tokoh yang bernama Frank
Parson?
5)
Sebagai personil sekolah seorang
guru mata pelajaran harus bertanggungjawab dalam pelaksanaan Program Bimbingan
dan Konseling di sekolah.
a)
Benarkah pernyataan di atas?
Jelaskan alasan yang mendasari pendapat anda?
b)
Menurut hasil pengamatan saudara,
Apa manfaat belajar Mata Kuliah Bimbingan Konseling
bagi anda (Sebagai calon konselor) jelaskan!
6) Agama dan
Psikologi Sebagai Landasan dalam Melaksanakan Bimbingan dan Konseling
a)
Jelaskan
Peranan Agama dan Psikologi dalam Melaksanakan Bimbingan dan Konseling?
b)
Jelaskan
apa perbedaan tes IQ dengan tes MIR (Multiple
Intelligences Research)?
7)
Jelaskan istilah-istilah dari
Pakar Psikoanalisis yang bernama Sigmund Freud dibawah ini:
a)
Id
b)
Ego
c)
Super
ego
8)
Jelaskan
Ragam Bimbingan di bawah ini:
a)
Ragam
Bimbingan Menurut Masalah
b)
Ragam
Layanan Bimbingan
c)
Ragam
Pendekatan Bimbingan
d)
Ragam
Teknik Bimbingan
9) Jelaskan
karakteristik mental yang sehat dibawah ini:
a)
Model
Allport
b)
Model
Rogers
c)
Model
Fromm
d)
Model
Frankl
10) Bimbingan
dan Konseling merupakan salah satu komponen pendidikan agar berupaya mencapai
tujuan pendidikan yang bermutu.
a)
Apa yang dimaksud dengan pernyataan di atas ?
b)
Mengapa siswa perlu mengenal karakteristik pribadi
(intelektual, bakat, kepribadian, minat, dan lain-lain) untuk mendukung pilihan
cita-cita dan karirnya?
***Selamat Mengerjakan, Sukses
Selalu***
0 comments:
Post a Comment