Wednesday, June 8, 2016

Soal UAS MK. Pendidikan Anak Dalam Keluarga

UJIAN AKHIR SEMESTER
Mata Kuliah : Pendidikan Anak Dalam Keluarga
SKS : 2 SKS
Semester/Tahun : II/ 2015-2016
Jurusan/Prodi : Tarbiyah/PGRA
Dosen Penguji : Uswatun Hasanah, M.Pd.I.
Hari/Tanggal : Senin/ 6 Juni 2016

Petunjuk Pengerjaan:
a. Kerjakan semua soal UAS ini dengan baik! Tulisan hendaknya ditulis secara jelas dan terbaca.
b. Tulis nama dosen penguji pada pekerjaan saudara dan tuliskan identitas saudara secara jelas.
c. Tidak dibenarkan bekerjasama sesama teman apalagi mencontek, jika ditemukan jawaban yang sama persis pada mahasiswa yang berbeda, maka dosen penguji tidak akan menilai hasil UAS mahasiswa tersebut.

Soal:
1. Apa judul Tugas yang telah Anda presentasikan pada Mata Kuliah Pendidikan Anak Dalam Keluarga? Jelaskan isi ringkasan materinya! Apa saja manfaat mempelajarinya?
2. Jelaskan kedua dari pilar dibawah ini:
a. Pilar pembinaan Ibadah!
b. Pilar pembinaan Kesehatan!
3. Dalam Al-Qur’an Surat Al-Zalzalah ayat 7-8 menjelaskan bahwa Setiap perbuatan pasti mendapatkan balasannya. Coba jelaskan, Apa sajakah balasan yang akan didapatkan oleh anak yang berbakti dan Anak yang durhaka kepada Orangtuanya! Apakah anda termasuk Uququl Walidain ataukah Birul Walidain? Bagaimana cara Anda dalam menunjukkan kasih sayang kepada Orangtua Anda?
4. Akhir-akhir ini muncul berita tayangan televisi atau media sosial dan media cetak yang dikejutkan oleh maraknya berita tentang kejahatan seksual yang dilakukan oleh Anak yang berusia di bawah umur baik itu sebagai korban maupun pelaku kejahatan. Coba Anda Jelaskan menurut persepsi Anda dalam melihat maraknya kejadian tersebut! Apa penyebab terjadinya kejahatan seksual ? Siapakah yang seharusnya dalam mendidik Anak? Bagaimana cara mendidik Anak dengan Baik?

0 comments: