Take Home Exam
UJIAN TENGAH SEMESTER
UJIAN TENGAH SEMESTER
Mata Kuliah :
Evaluasi Pembelajaran
SKS : 2 SKS
Semester/Tahun :
V/ 2015-2016
Prodi/Jurusan :
PBI/Tarbiyah
Dosen Pengampu :
Uswatun Hasanah, M.Pd.I.
Hari/Tanggal :
22 Oktober 2015
Waktu :
Satu Minggu ( Tanggal 22 Oktober 2015 s/d 29 Oktober 2015)
Petunjuk
Pengerjaan:
1.
Kerjakan semua soal UTS ini di
rumah dan jawaban sudah harus diserahkan paling lambat tanggal 29 Oktober 2015
(Sesuai Jadwal Kuliah)
2.
Tulisan hendaknya jelas dan
terbaca.
3.
Tulis nama dosen penguji pada
pekerjaan saudara dan tuliskan identitas saudara secara jelas.
4.
Tidak dibenarkan bekerjasama
sesama teman apalagi mencontek, jika ditemukan lembar jawaban yang sama persis
pada mahasiswa yang berbeda, maka dosen penguji tidak akan menilai hasil UTS
mahasiswa tersebut.
5.
Pilih 5 Soal yang paling
dikuasai, tuliskan nomor jawaban dengan jelas.
6.
Jawaban harus didukung oleh data
dan literatur dengan tata cara penyebutan referensi yang berlaku. Daftar
literatur harus dicantumkan dan panjang jawaban minimal 3 halaman, sesuai
ketentuan yang telah disepakati.
7.
Tidak ada remedial, jadi kerjakan
soal ini dengan jawaban yang benar dan tepat.
Lembar Soal:
1. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru
adalah evaluasi pembelajaran. Dalam sistem pembelajaran, evaluasi merupakan
salah satu komponen penting dan tahap yang harus ditempuh oleh guru untuk
mengetahui keefektifan pembelajaran.
a. Apa yang dimaksud dengan pengukuran, penilaian, dan
evaluasi?
b. Apa perbedaan dari pengukuran, penilaian dan
evaluasi?
2. Ruang lingkup evaluasi pembelajaran merupakan
aspek-aspek minimal yang harus dievaluasi oleh guru dalam pembelajaran. Dan untuk
memperoleh hasil evaluasi yang baik, maka kegiatan evaluasi harus bertitik
tolak dari prinsip-prinsip umum evaluasi.
a. Sebutkan prinsip-prinsip umum evaluasi?
b. Buatlah bagan ruang lingkup evaluasi pembelajaran?
3.
Penilaian proses
dan hasil belajar dibagi menjadi empat jenis, yaitu penilaian formatif,
penilaian sumatif, penilaian diagnostik, dan penilaian penempatan.
a. Coba anda jelaskan keempat penilaian tersebut?
b. Apa manfaat nya bagi guru dan peserta didik dengan
adanya penilaian formatif ?
4.
Para pakar pendidikan banyak memberikan
definisi mengenai pendidikan berdasarkan perspektif masing-masing.
a.
Coba anda jelaskan konsep pendidikan
dengan pendekatan monodisipliner?
b.
Jelaskan arti pendidikan menurut
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1?
5.
Standar nasional pendidikan adalah kriteria
minimal pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Standar nasional pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan
dengan mekanisme, prosedur, dan instrument penilaian hasil belajar peserta
didik.
a.
Sebutkan 8 standar nasional pendidikan?
Jelaskan!
b.
Sebutkan teknik penilaian yang digunakan
oleh BSNP? Jelaskan!
6.
Evaluasi sangat berguna untuk
meningkatkan kualitas sistem pembelajaran.
a.
Bagaimanakah karakteristik instrument evaluasi
yang baik? Jelaskan!
b.
Berikanlah sebuah contoh dari model
evaluasi ?
7.
Didalam dunia pendidikan, terdapat
peserta didik yang memiliki kekurangan dalam hal kemampuan belajar. Selain itu,
ada pula peserta didik yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dalam hal
belajar.
a.
Apa pengertian pembelajaran remedial? Jelaskan pentingnya Pembelajaran Remedial!
b.
Apa pengertian pembelajaran pengayaan? Jelaskan pentingnya pembelajaran
Pengayaan!
8.
Pembelajaran merupakan upaya sadar dan
terencana untuk membelajarkan peserta didik secara aktif dalam upaya mencapai
tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam upaya peserta didik belajar
secara aktif dan mencapai tujuan pembelaajaran yang telah ditetapkan melalui
penyelenggaraan pembelajaran itu , tidak dapat dipungkiri bahwa pasti dijumpai
dengan adanya peserta didik yang mengalami kesulitan atau masalah belajar. Untuk
mengatasi masalah tersebut, setiap guru perlu menyelenggarakan program
pembelajaran remedial.
a.
Sebutkan model pembelajaran Remedial?
Jelaskan!
b.
Strategi dan teknik apa saja yang
digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran remedial? Jelaskan!
9.
Tes merupakan suatu teknik atau cara
yang digunakan dalam rangka melaksanakan kegiatan pengukuran, yang didalamnya
terdapat berbagai pertanyaan, pernyataan atau serangkaian tugas yang harus
dikerjakan atau dijawab oleh peserta didik untuk mengukur hasil prestasi
belajar.
a.
Apa definisi tes baku dan tes buatan
guru? Jelaskan perbedaan dari kedua tes tersebut!
b.
Jelaskan Tes objektif yang terdiri atas
beberapa bentuk, yaitu benar-salah, pilihan ganda dan menjodohkan?
10. Pendekatan merupakan sudut pandang seseorang
dalam mempelajari sesuatu. Dengan demikian, pendekatan evaluasi merupakan
perspektif seseorang dalam menelaah dan mempelajari evaluasi.
a.
Jelaskan pendekatan tradisional dan pendekatan
Sistem?
b.
Faktor apa saja yang mempengaruhi
keberhasilan evaluasi pembelajaran?
***Selamat
Mengerjakan, Sukses Selalu***
0 comments:
Post a Comment