Monday, October 19, 2015

UTS Evaluasi Pembelajaran STAIN Jurai Siwo Metro Lampung



Take Home Exam
UJIAN TENGAH SEMESTER

Mata Kuliah                : Evaluasi Pembelajaran
SKS                             : 2 SKS
Semester/Tahun           : V/ 2015-2016
Prodi/Jurusan              : PBI/Tarbiyah
Dosen Pengampu        : Uswatun Hasanah, M.Pd.I.
Hari/Tanggal               : 22 Oktober 2015
Waktu                         : Satu Minggu ( Tanggal 22 Oktober 2015 s/d 29 Oktober 2015)

Petunjuk Pengerjaan:
1.      Kerjakan semua soal UTS ini di rumah dan jawaban sudah harus diserahkan paling lambat tanggal 29 Oktober 2015 (Sesuai Jadwal Kuliah)
2.      Tulisan hendaknya jelas dan terbaca.
3.      Tulis nama dosen penguji pada pekerjaan saudara dan tuliskan identitas saudara secara jelas.
4.      Tidak dibenarkan bekerjasama sesama teman apalagi mencontek, jika ditemukan lembar jawaban yang sama persis pada mahasiswa yang berbeda, maka dosen penguji tidak akan menilai hasil UTS mahasiswa tersebut.
5.      Pilih 5 Soal yang paling dikuasai, tuliskan nomor jawaban dengan jelas.
6.      Jawaban harus didukung oleh data dan literatur dengan tata cara penyebutan referensi yang berlaku. Daftar literatur harus dicantumkan dan panjang jawaban minimal 3 halaman, sesuai ketentuan yang telah disepakati.
7.      Tidak ada remedial, jadi kerjakan soal ini dengan jawaban yang benar dan tepat.

Lembar Soal:
1.      Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru adalah evaluasi pembelajaran. Dalam sistem pembelajaran, evaluasi merupakan salah satu komponen penting dan tahap yang harus ditempuh oleh guru untuk mengetahui keefektifan pembelajaran.
a.       Apa yang dimaksud dengan pengukuran, penilaian, dan evaluasi?
b.      Apa perbedaan dari pengukuran, penilaian dan evaluasi?

2.      Ruang lingkup evaluasi pembelajaran merupakan aspek-aspek minimal yang harus dievaluasi oleh guru dalam pembelajaran. Dan untuk memperoleh hasil evaluasi yang baik, maka kegiatan evaluasi harus bertitik tolak dari prinsip-prinsip umum evaluasi.
a.       Sebutkan prinsip-prinsip umum evaluasi?
b.      Buatlah bagan ruang lingkup evaluasi pembelajaran?

3.      Penilaian proses dan hasil belajar dibagi menjadi empat jenis, yaitu penilaian formatif, penilaian sumatif, penilaian diagnostik, dan penilaian penempatan.
a.       Coba anda jelaskan keempat penilaian tersebut?
b.      Apa manfaat nya bagi guru dan peserta didik dengan adanya penilaian formatif ?

4.      Para pakar pendidikan banyak memberikan definisi mengenai pendidikan berdasarkan perspektif masing-masing.
a.       Coba anda jelaskan konsep pendidikan dengan pendekatan monodisipliner?
b.      Jelaskan arti pendidikan menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1?

5.      Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar nasional pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrument penilaian hasil belajar peserta didik.
a.       Sebutkan 8 standar nasional pendidikan? Jelaskan!
b.      Sebutkan teknik penilaian yang digunakan oleh BSNP? Jelaskan!

6.      Evaluasi sangat berguna untuk meningkatkan kualitas sistem pembelajaran.
a.       Bagaimanakah karakteristik instrument evaluasi yang baik? Jelaskan!
b.      Berikanlah sebuah contoh dari model evaluasi ?

7.      Didalam dunia pendidikan, terdapat peserta didik yang memiliki kekurangan dalam hal kemampuan belajar. Selain itu, ada pula peserta didik yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dalam hal belajar.
a. Apa pengertian pembelajaran remedial? Jelaskan pentingnya Pembelajaran Remedial!
b. Apa pengertian pembelajaran pengayaan? Jelaskan pentingnya pembelajaran Pengayaan!



8.      Pembelajaran merupakan upaya sadar dan terencana untuk membelajarkan peserta didik secara aktif dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam upaya peserta didik belajar secara aktif dan mencapai tujuan pembelaajaran yang telah ditetapkan melalui penyelenggaraan pembelajaran itu , tidak dapat dipungkiri bahwa pasti dijumpai dengan adanya peserta didik yang mengalami kesulitan atau masalah belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, setiap guru perlu menyelenggarakan program pembelajaran remedial.
a.       Sebutkan model pembelajaran Remedial? Jelaskan!
b.      Strategi dan teknik apa saja yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran remedial? Jelaskan!

9.      Tes merupakan suatu teknik atau cara yang digunakan dalam rangka melaksanakan kegiatan pengukuran, yang didalamnya terdapat berbagai pertanyaan, pernyataan atau serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau dijawab oleh peserta didik untuk mengukur hasil prestasi belajar.
a.       Apa definisi tes baku dan tes buatan guru? Jelaskan perbedaan dari kedua tes tersebut!           
b.      Jelaskan Tes objektif yang terdiri atas beberapa bentuk, yaitu benar-salah, pilihan ganda dan menjodohkan?

10.   Pendekatan merupakan sudut pandang seseorang dalam mempelajari sesuatu. Dengan demikian, pendekatan evaluasi merupakan perspektif seseorang dalam menelaah dan mempelajari evaluasi.
a.       Jelaskan pendekatan tradisional dan pendekatan Sistem?
b.      Faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan evaluasi pembelajaran?

***Selamat Mengerjakan, Sukses Selalu***


0 comments: