DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
........................................................................... i
LEMBAR PERSETUJUAN
.............................................................. ii
PERNYATAAN KEASLIAN
............................................................ iii
NOTA DINAS
..................................................................................... iv
ABSTRAK
........................................................................................... vi
KATA PENGANTAR ........................................................................ vii
DAFTAR ISI
........................................................................................ ix
BAB I : PENDAHULUAN
.................................................... 1
A. Latar Belakang Masalah......................................... 1
B. Rumusan Masalah................................................... 7
C. Tujuan dan Kegunaan
Penelitian............................. 8
D. Kerangka Pemikiran................................................ 8
E. Tinjauan Pustaka..................................................... 15
F. Signifikansi
Penelitian............................................. 23
G. Metodologi
Penelitian.............................................. 25
H. Sistematika
Penulisan............................................... 27
BAB II : TEORI MULTIPLE
INTELLIGENCES ................. 28
A.
Pembelajaran Berbasis Multiple
Intelligences ......... 28
1.
Definisi Pembelajaran dan Multiple Intelligences.. 28
2.
Jenis-jenis Multiple
Intelligences ....................... 29
3.
Modalitas Belajar dalam Pembelajaran Berbasis
Multiple
Intelligences........................................ 31
4.
Pendorong dan Penghambat Kecerdasan .......... 32
5.
Kriteria Peserta didik dalam Pembelajaran
Berbasis Multiple
Intelligences ........................ 33
B.
Riwayat Hidup Munif
Chatib................................ 50
a. Biografi dan
aktivitas Munif Chatib......................... 50
b. Karya-karya tulis
Munif Chatib ............................... 55
c. Kiprah Munif Chatib
dalam dunia pendidikan......... 70
C.
Geneologi konsep Multiple
Intelligences (MI)
Munif Chatib
...................................................... 71
BAB III : POKOK-POKOK PIKIRAN MUNIF CHATIB
TENTANG
MULTIPLE INTELLIGENCES .......... 80
A.
Pokok-pokok pikiran Munif Chatib tentang
Multiple
Inteligences................................................. 80
1. Lima Bingkisan
Peserta didik dalam Pembelajaran
Berbasis Multiple
Intelligences ........................... 80
2. Teori
Multiple Intelligences, dari dunia
psikologi
ke
dunia edukasi.................................................. 84
3. Multiple
intelligences (MI) bukan studi, bukan
Kurikulum.............................................................. 86
4. Multiple
intelligences bagaikan dua sisi koin......... 88
5. Pembelajaran
multiple intelligences “Pilih-
sekolahnya
manusia, jangan sekolahnya robot”...... 89
6. Menjadi
guru Multiple Intelligences........................ 91
7. MIR (Multiple
Intelligences Research) .................. 95
8. Proses dalam pembelajaran Multiple
Intelligences.. 97
9. Authentic Assessment dalam pembelajaran
berbasis Multiple
Intelligences (MI) ................... 102
BAB IV :KONSEP
PEMBELAJARAN BERBASIS
MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM
PERSPEKTIF MUNIF CHATIB ................................ 107
A.
Kontekstualisasi Multiple
Intelligences (MI)
dalam pembelajaran di Sekolah ................................. 107
1.
Pembelajaran berbasis Multiple
Intelligences
di Sekolah .............................................................. 107
a. Tahap Input (Tekhnik Multiple Intelligences
Research) ......................................................... 107
b.
Tahap Proses (Teknik Brain,
Strategi Mengajar,
Produk, Benefit) ................................................ 111
c.
Tahap Out Put ( Teknik Authentic Assessment)... 137
B.
Standar Keberhasilan dalam pembelajaran Berbasis
Multiple
Intelligences
.................................................. 143
BAB V : PENUTUP..................................................................... 146
A. Kesimpulan.................................................................. 146
B. Saran-saran dan
Rekomendasi..................................... 148
DAFTAR PUSTAKA
............................................................................. xii
LAMPIRAN-LAMPIRAN
0 comments:
Post a Comment