Sunday, June 14, 2015

“Lima Kunci Sukses dari PASCASARJANA”



“Lima Kunci Sukses dari PASCASARJANA”
Oleh: Uswatun Hasanah, M.Pd.I.

Sempat terkejut pada pertemuan mata kuliah yang kelima ini, saat Bapak Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.Ag. menjelaskan tentang “Bagaimana kunci kesuksesan dalam hidup?”. Dari dulu hingga kini, penulis mencari tau “Apa sebenarnya kunci kesuksesan dalam hidup.”
Hal ini adalah hadiah terindah yang pernah kuperoleh dari PASCASARJANA, yaitu “mengetahui kunci sukses, dari orang yang sukses” yaitu bapak Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.Ag.
Beruntung sekali, sudah beberapa pertemuan pada Mata Kuliah filsafat ilmu dan metoda berfikir, penulis tidak pernah melewati sekalipun untuk tidak mengikuti mata kuliah beliau. Meski tiap pertemuan Mata Kuliah ini, beliau tak pernah sekalipun mengabsen satu-persatu mahasiswa. Sebagaimana dosen biasanya ketika dosen akan memasuki dan memberikan mata kuliah, selalu mengabsennya. Tapi beliau berbeda???..... sungguh menarik!!..
Dan  sebenarnya, penulis mudah saja untuk melewati mata kuliah ini, akan tetapi penulis tak bisa melakukannya. Karena pesan-pesan yang beliau sampaikan ketika mengisi mata kuliah ini sangat bermanfaat sekali bagi penulis dalam kehidupan sehari-hari. Dan hal ini sangat berbeda dari dosen-dosen filsafat yang pernah penulis temukan sebelumnya. Perkataan yang beliau sampaikan pada tiap pertemuan, sungguh amat sangat bermakna bagi penulis dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. Terima kasih penulis sampaikan kepada bapak Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.Ag. karena dengan lewat mata kuliah ini, penulis bisa menjadi seseorang lebih baik dari sebelumnya, dan dari sinilah penulis dapat mengetahui seluk beluk hakikat kehidupan di dunia yang sebenarnya.
§  Kunci sukses dalam hidup
Adapun kunci sukses dalam hidup, diantaranya adalah:
1.      Memberi tidak untuk menerima
2.      Tidak melupakan kebaikan orang lain
3.      Maafkan seluruh kesalahan orang lain
4.      Memberi jalan kehidupan orang lain
5.      Mengabdi secara total kepada orang tua
Adapun untuk lebih jelasnya, penulis menguraikan dan menjelaskan point-point kunci sukses dalam hidup secara satu persatu.
1.      Memberi tidak untuk menerima 
Memberi tidak untuk menerima, maksudnya jika kita pernah memberi sesuatu kebaikan kepada orang lain, jangan pernah terlintas harapan agar seseorang tersebut untuk membalas kebaikan yang pernah kita perbuat. Karena dalam kunci sukses yang pertama adalah memberi tidak untuk menerima.
2.      Tidak melupakan kebaikan orang lain 
Kebaikan seseorang terkadang dilupakan begitu saja. Sedangkan keburukan yang pernah dibuat oleh seseorang kadang masih diingat-ingat.  Dan kunci sukses dalam hidup yang kedua adalah kita tidak boleh melupakan kebaikan orang lain, meski pernah sesekali orang tersebut membuat kesal kepada kita.
3.      Maafkan seluruh kesalahan orang lain 
Kunci sukses dalam hidup yang ketiga adalah memaafkan kesalahan orang lain. Sejahat-jahat nya seseorang, pastilah memiliki hati nurani meski hanya setitik kebaikan. Jangan jadi orang pendendam. Allah Maha Pengampun kepada hambanya. Kita sebagai hamba yang baik, seharusnya seberapa besar kesalahan orang lain yang pernah ia perbuat ke kita, kita harus memaafkan kesalahannya. Karena sesungguhnya  Allah pun Maha Pengampun.
4.      Memberi jalan kehidupan orang lain 
Memberi jalan kehidupan bagi orang lain merupakan kunci kesuksesan dalam hidup yang keempat. Jika seseorang yang pernah kita temui, sedang atau dalam keadaan susah /kesulitan. Maka bantulah seseorang tersebut dengan semampu kita? Karena sedikit kebaikan yang pernah kita beri pada saat orang lain mengalami kesusahan, lebih dibutuhkan daripada memberi bantuan sebesar apa pun saat seseorang tak mengalami kesusahan. Intinya, “Berilah jalan kehidupan bagi orang lain?”.
5.      Mengabdi secara total kepada orang tua 
I Love ... My Mother, I Miss My Father .....
Kunci kesuksesan dalam hidup yang terakhir adalah mengabdi secara total kepada kedua orang tua. Mengapa demikian? Percayalah!!??? bahwa dengan cara berbuat dan mengabdi secara total kepada kedua orang tua kita bisa menjadi orang sukses. Kedua orang tua, merupakan sumber ladang kebaikan bagi sang anak. Sang Ibu yang telah banyak berkorban, dari mulai proses kandungan hingga sang bayi keluar. Kemudian ia menyapihnya. Peran seorang ayah pun tak lepas begitu saja. Kedua orang tua memiliki peranan sangat penting bagi kehidupan sang anak. Kesuksesan seorang anak tidak serta merta dengan usaha sendirinya ia bisa sukses. Tanpa dorongan dan do’a dari kedua orang tua, sang anak tidak akan mungkin bisa sukses dengan sendirinya.

0 comments: